PEDOMAN PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2021

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei

Disingkat dengan Hardiknas, Hari Pendidikan Nasional diperingati bertepatan dengan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara.

Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 berikut beberapa pedoman menurut surat edaran nomor 27764/MPK.A/TU.02.03.2021.

  1. Upacara Bendera

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 pada tanggal 2 Mei 2021 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis dan menerapkan protokol kesehatan.Instansi dan satuan pendidikan baik yang ada di pusat, luar negeri, maupun daerah diperkenankan menyelenggarakan upacara Hari Pendidikan Nasional 2021 secara tatap muka, terbatas dan minimalis, dengan protokol kesehatan, apabila berada di zona kuning atau hijau.

Sementara instansi dan satuan pendidikan yang ada di zona merah atau oranye, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara peringatan secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI atau saluran TV Edukasi dari rumah masing-masing.

  1. Tema dan Logo

Tema dari Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 yaitu “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Kemdikbud mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dapat menyelenggarakan aktivitas/kegiatan.

Selain itu instansi terkait dapat memperingati, memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2021 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19.***