CARA MENGENALI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

Cara Mengenali Karakteristik Peserta Didik

   

 

Cara Mengenali Karakteristik Peserta Didik


Secara alamiah, setiap manusia pasti menyukai perbuatan dan karakter diri yang baik. Semua orang pasti menyenangi perilaku manusia yang rendah hati, dermawan, peduli, dan hal-hal baik lainnya. Begitu juga dengan karakteristik peserta didik yang baik pastilah menjadi keinginan semua orang, baik itu guru, orang tua, hingga sesama siswa dalam sekolah. Karakter yang baik akan membuat manusia memiliki hubungan sosial yang baik dengan sesama manusia lainnya. Anak yang memiliki karakter yang baik tentunya akan disenangi orang banyak dan dapat berinteraksi dengan baik serta mendapatkan timbal balik positif dari lingkungannya. Oleh karena itu, pentingnya mengenali karakter untuk kemudian diarahkan menuju karakter diri yang lebih baik.

Beberapa Cara untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik

Memang tidak semua anak didik memiliki karakter yang baik. Dalam sebuah kelas bisa jadi ada berbagai karakteristik peserta didik dari mulai yang paling menyenangkan hingga yang paling tidak disenangi oleh orang banyak. Hal ini adalah sesuatu yang alamiah karena peserta didik datang dari berbagai macam lingkungan dan dengan berbagai macam pengalaman yang telah dilalui sehingga membentuk karakter dirinya. Guru perlu menyikapi hal ini dengan baik, salah mengenali karakter dari peserta didik akan menghambat proses belajar mengajar. Bisa jadi peserta didik akan menjadi malas, tidak memperhatikan, atau bahkan tidak mengerjakan tugas apabila sang guru tidak mampu memahami karakter siswa tersebut. Oleh karena itu, mengenali dan memahami karakter dari peserta didik sangat penting untuk dikuasai.

1. Menjadi Teladan untuk Perilaku Anak Didik
Sebaik-baiknya pelajaran adalah dengan menjadi teladan. Guru harus menjadi sosok yang ditiru oleh peserta didiknya. Siswa akan lebih mudah menyerap pengetahuan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk contoh. Begitu juga dengan karakter yang baik. Hal tersebut mengharuskan guru untuk menjadi teladan perilaku baik bagi anak didik, sehingga siswa mampu mencontoh hal baik tersebut. Tujuannya adalah supaya peserta didik mampu berkarakter baik dari contoh yang setiap hari dilihatnya yaitu guru.

2. Senantiasa Mengevaluasi Diri
Sebelum mengenali karakteristik peserta didik, ada baiknya seorang guru mengenali dan mengevaluasi dirinya sendiri terlebih dahulu. Jangan sampai ketika terjadi kasus siswa meninggalkan kelas, malas-malasan dalam belajar, berisik di dalam kelas, lantas dengan mudahnya guru langsung menyalahkan siswa sebagai penyebab kesalahannya. Guru harus terlebih dahulu mengevaluasi dirinya sendiri, jangan-jangan ada yang salah dalam cara mengajarnya, yang membuat siswa tidak betah dan tidak fokus untuk belajar di dalam kelas.

3. Memahami Lingkungan Sekitar Anak

 

Ada dua hal yang membentuk karakteristik seorang anak, yaitu lingkungan sekitar dan pengalaman yang ia alami sebelumnya. Lingkungan sekitar anak sangat berpengaruh terhadap karakter yang dimilikinya. Bisa saja seorang siswa tumbuh besar di keluarga yang broken home dan kerap mengalami kekerasan dalam rumah, mengakibatkan ia tidak mampu fokus dan berkonsentrasi di sekolah karena perlakuan di rumah. Ada juga kasus anak yang besar di lingkungan pekerja kasar, sehingga ia biasa mendengar perkataan kasar dan kotor, sehingga ia sering berkata-kata kasar dan kotor di sekolah. Hal-hal inilah yang perlu guru pahami terlebih dahulu untuk mengenali karakteristik peserta didik yang ditangani.

4. Mengenali Peserta Didik Lebih Dalam
Pengertian lebih dalam di sini adalah bukan hanya sekedar mengetahui siapa orang tuanya, keluarganya seperti apa, dan lain sebagainya. Tetapi merupakan akumulasi dari proses panjang dari memahami bagaimana karakter  tersebut bisa terbentuk. Mengetahui hubungan antara detail-detail informasi serta pengalamannya dan hubungannya dengan karakteristik peserta didik tersebut saat ini adalah hal yang sangat baik untuk dikuasai seorang guru.

5. Lakukan Pendekatan Psikologis
Banyak metode yang dapat digunakan untuk melakukan sebuah pendekatan psikologis pada siswa. Hal ini bisa dilakukan dengan mewawancarai, bertanya tentang hal-hal yang penting dan dekat dengan anak, atau berdiskusi tentang hal-hal yang menarik bagi anak. Guru juga bisa memberikan solusi dalam pembelajaran atau hal-hal lainnya yang menjadi masalah di sekolah bagi anak. Metode klasik seperti ceramah dan tanya jawab pun bisa guru gunakan untuk melakukan pendekatan psikologis bagi peserta didik. Dari hal-hal tersebut, guru akan lebih mendapat banyak respon dan informasi untuk mengetahui karakteristik peserta didik yang diampunya.

6. Perlakukan Siswa dengan Adil
Satu kelas bisa berisi banyak anak dengan latar belakang yang berbeda-beda pula. Cobalah untuk memperlakukan mereka dengan adil. Tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama, dan golongan. Jangan pernah berikan perlakuan yang berbeda satu sama lain, kecuali dalam hal-hal khusus yang memang merupakan kebutuhannya. Adil tidak berarti sama rata, tetapi memberikan sesuatu sesuai porsinya dan bijaksana. Hal tersebut dapat meninggalkan kesan positif dan memperkuat hubungan guru dengan murid, juga hubungan antara sesama murid dalam satu kelas. Semangat kebersamaan dan kebaikan juga dapat ditingkatkan dengan hubungan yang baik dan perlakuan yang adil bagi masing-masing siswa dalam kelas.

7. Masuki Dunia Mereka
Memasuki dunia para siswa adalah hal yang selanjutnya dapat dilakukan untuk memahami karakteristik peserta didik. Cobalah untuk bergabung bersama para siswa ketika sedang bermain, menyanyi, atau aktivitas lain yang disukai oleh para siswa. Dengan begitu guru akan paham lebih jelas bagaimana minat dan bakat dari masing-masing peserta didik. Interaksi sosial yang terjadi pun dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang karakteristik masing-masing siswa. Terkadang siswa merasa sungkan dan malu apabila diminta untuk menunjukkan atau bahkan menyampaikan apa yang menjadi minat bakatnya di kelas. Oleh karena itu, guru lebih baik menerapkan pola jemput bola dengan mengobservasi sendiri apa yang menjadi minat dan bakat para murid dengan terjun langsung ke aktivitas yang disenangi murid itu sendiri.

8. Jadilah Sahabat
Orang yang penting dalam hidup murid ini bisa dimaksudkan juga sebagai sahabat atau orang yang sering bercerita dengannya. Kedekatan emosional ini dapat membantu guru untuk memahami karakteristik siswa itu sendiri. Dengan adanya kedekatan emosional, siswa tidak lagi ragu untuk menyampaikan apa yang menjadi masalah atau pendapatnya tentang suatu hal. Terkadang guru hanya menilai karakteristik peserta didik hanya dari tampilan luar atau dari pengenalan sesaat saja. Akan tetapi, pasti lebih banyak hal-hal yang tidak mungkin mereka sampaikan di depan kelas atau depan orang banyak. Oleh karena itu, diperlukan inisiatif dari guru itu sendiri untuk lebih dekat dan menjadi sahabat dari sang murid, supaya lebih mengenali karakter dan perilaku dari siswanya.

Itulah beberapa uraian mengenai bagaimana caranya mengenali dan memahami karakteristik peserta didik. Hal ini sangat berguna untuk mengatur strategi belajar sekaligus menyesuaikan metode pembelajaran di sekolah. Karakter yang dikenali kemudian bisa diarahkan ke arah yang lebih baik, supaya peserta didik tidak hanya cerdas kognitif saja, tetapi juga afektif dan emosional.